Home » , » Teh Talua, Minuman Dari Barat Sumatera

Teh Talua, Minuman Dari Barat Sumatera

Bagi yang pernah pergi ke barat Pulau Sumatera, tentu mengenal teh talua. Ya, teh sensasional ini memang jagoan dari ranah minang yang kaya protein dan dipercaya bisa mendongkrak vitalitas pria.

Teh talua adalah minuman khas Provinsi Sumatera Barat yang sudah terkenal seantero nusantara. Minuman yang terbuat dari kuning telur ayam kampung yang diaduk bersama larutan teh hitam. Campuran kuning telur dan teh tersebut diaduk dengan gula pasir dan susu kental manis lalu diseduh dengan air mendidih yang baru direbus. Beberapa kedai menyediakan potongan jeruk lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan amis teh talua yang berasal dari kuning telur.

Di Sumbar, minuman ini biasanya ditawarkan kedai-kedai mungil di pelosok-pelosok desa. Teh Talua enak dinikmati pada pagi hari saat sarapan, atau pun malam hari usai pulang kerja. Rasanya, jangan tanya. Minuman tersebut bisa dibilang luar biasa tanpa cela, meski baru tegukan pertama.

Jika tidak mau tertipu, Anda dianjurkan tidak hanya mengandalkan lidah ketika menenggak minuman istimewa ini. Pasalnya, ketika menyerumput lembut sensasi rasanya mirip cokelat panas. Tetapi rasanya jauh lebih luar biasa.

Kunci kenikmatan minuman ini terletak pada kualitas bahan-bahan dalam ramuan tersebut. Semua pantang menggunakan bahan kelas dua.

Cara Membuat
Di kota-kota besar seperti Jakarta, jarang ada yang menjual teh talua. Namun, Anda tak perlu repot-repot melawat ke Sumbar hanya untuk menikmati sensasi teh talua. Coba saja bikin sendiri minuman yang awalnya diperuntukkan kepada kalangan petani tersebut.

Siapkan gelas dan masukan satu sendok makan gula pasir, dan campurkan dengan bagian kuning telur ayam kampung. Lalu kocok campuran tersebut hingga merata dengan pengaduk tradisional yang terbuat dari batang-batang lidi yang disatukan --para penjual di perkotaan Sumbar biasanya sudah menggunakan pengaduk dari bahan stanlis-- lalu kocok selama tiga menit hingga mengembang.

Langkah selanjutnya, takar teh bubuk dalam penyaring. Sebisa mungkin jangan gunakan teh celup karena rasanya tidak akan maksimal. Lalu seduh dengan air mendidih yang baru direbus, masukan air sedikit demi sedikit hingga cairan coklat pekat mengucuri adonan.

Untuk mendapatkan sensasi manis dan gurih, taburi susu kental manis di atas racikan tersebut, hingga terbentuk tiga lapisan warna dalam gelas. Putih susu di dasar teh, cokelat teh di tengah dan buih krim kekuningan di bagian atas. Jika suka, Anda bisa tambahkan kayu manis untuk menambah harum racikan tersebut. Langkah terakhir, tunggu apalagi, seruput lembut teh talua Anda hingga tandas.
TOLONG BAGIKAN DI >> :
obat kuat herbal

+ komentar + 4 komentar

23 April 2015 19.54

makasih tipsnya gan.
apakah anda semua sudah tahu tentang minuman berenergi yang aman dan tidak berbahay? beneran ada lho, minuman berenergi yang mengandung gula alami dan mengandung cafein kecil dan lebih besar dari kandungan cafein dalam secangkir kopi.
jika ingin tahu minuman berenergi aman tidak berbaha tersebut, silakan simak info lengkapnya DISINI>> minuman berenergi aman tidak berbahaya

21 Mei 2015 07.59

Sudah tahukah anda, berapa total hadiah kontes seo minuman berenergi aman tidak berbahaya Kratingdaeng?
Juara 1 aja dapet 6 juta dan masih ada 5 hadiah lagi untuk juara lainnya, buruan ikutan. Informasi selengkapnya silakan
klik disini>> minuman berenergi aman tidak berbahaya

Silakan kunjungi juga website kami yang menyediakan perhiasan xuping, untuk aksesoris dan bisa membuat anda tampil keren dan cantik bila memakai perhiasan tersebut.
Info selengkapnya silakan klik disini>> toko perhiasan

28 Agustus 2017 02.25

teh talua memang nikmat,
kunjungi portal bisnis sumut portal bisnis sumut

Posting Komentar

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MINUMAN KHAS INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger